cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga" : 9 Documents clear
PENGARUH LATIHAN DRIBBLE SLALOM TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE SEPAK BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 6 SUNGAI LAUR KABUPATEN KETAPANG Awang Roni Effendi
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dribble slalom terhadap kemampuan dribble sepak bola pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Sungai Laur Kabupaten Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dan uji t. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan Dribble sebelum dan sesudah diterapkan latihan dribble slalom pada siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Sungai Laur.  
Tingkat Pemahaman Aktivitas Renang Pada Siswa Agil Putra Gunawan; Irfan Zinat Achmad; Citra Resita
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1899

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh tidak adanya pembelajaran teori dikelas yang dikhususkan untuk renang, dan waktu pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran renang yang dilakukan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman aktivitas renang pada siswa kelas X SMKN 8 Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Tehnik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal pilihan ganda. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMKN 8 Kota Bekasi yang berjumlah 251 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu qouta sampling. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman aktivitas renang pada siswa kelas X di SMKN 8 Kota Bekasi secara keseluruhan berada pada kategori “Baik” dengan jumlah 43 siswa dan presentase sebesar (33%).
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI BAGI ANAK SD SLB TUNAGRAHITA KOTA PONTIANAK Zainal Arifin; Rubiyatno Rubiyatno; Marhadi Saputro
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.2074

Abstract

Penelitian ini bertujuan engembangkan model permainan bagi siswa tunagrahita di kota Pontianak. Berdasarkan wawancara dan observasi disimpulkan bahwa selama ini belum optimalnya pembelajaran penjas khususnya bagi siswa tunagrahita serta kurangnya inovasi pembelajaran yang  menarik. Kurangnya model permainan dalam pengembangan pembelajaran aktivitas jasmani tersebut membuat peneliti tertarik mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi gerak siswa khususnya pada aspek jasmani bagi siswa tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan skala nilai. Hasil penelitian berupa buku permainan aktivitas pembelajaran jasmani untuk siswatunagrahita yang berisikan lima jenis permainan, yaitu: (1) permainan petunjuk suara, (2) lari zig-zag, (3) bendera ceria, (4) jembatan seru (5) lempar hulahoop
SURVEI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG MENYENANGKAN BAGI PESERTA DIDIK SMP Kevin Wisnu Pradana Putra; Resty Gustiawati; Rekha Ratri Julianti
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran pendidikan jasmani pada peserta didik di SMP se-kecamatan Serpong Utara berjalan dengan menyenangkan atau tidak. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan menggunakan angket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah sekolah menengah pertama se-kecamatan Serpong Utara berjumlah 9 sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket dengan validitas 0.016 sampai 0.699 dan reliabititas 0.948. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 50,8% peserta didik setuju bahwa pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah berjalan dengan menyenangkan.
PENERAPAN PROGRAM BERJALAN KAKI DAN BERSEPEDA KE SEKOLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DI KOTA DEPOK Irma Darmawati; Agus Setiawan; Poppy Fitriyani
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1913

Abstract

Aktifitas fisik yang tidak memadai pada anak usia sekolah dapat menimbulkan masalah tumbuh kembang di masa depan. Rendahnya aktivitas fisik diikuti dengan tingginya kasus obesitas yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Program berjalan kaki dan bersepeda ke sekolah dirancang sebagai alternatif program penanggulangan masalah rendahnya aktivitas pada anak. Penelitian dilakukan secara quasi eksperimen selama 3 bulan terhadap 100 siswa sekolah dasar di kota Depok. Hasil implementasi menunjukan program ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan IMT siswa (P value=0,004) dan peningkatan kebiasaan dari 1x/minggu di minggu pertama observasi, dan meningkat sampai 4x/ minggu dengan kemaknaan perubahan signifikan (P value=0.000). Program ini dapat diterapkan menjadi program kebugaran sekolah bagi siswa yang bertempat tinggal radius ± 3 Km dari sekolah. Bersepeda memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan berjalan kaki dalam penurunan IMT pada anak. Kebiasaan berjalan kaki dan bersepeda ke sekolah terbukti dapat meningkatkan aktivitas fisik pada siswa dan memberikan pengaruh positif terhadap penurunan IMT siswa dengan obesitas.
KORELASI ANTARA PHYSICAL ACTIVITY DAN PHYSICAL FITNESS PADA ATLET BOLABASKET LEVEL PEMULA Edi Setiawan; Budiarto Budiarto; Asep Ramdan Afriyuandi
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.2005

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi physical activity dengan dan physical fitness pada atlet bolabasket level pemula di SMK PGRI 2 Cianjur Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan studi korelasional. Teknik sampling menggunakan total sampling, sehingga seluruh populasi yang berjumlah 20 orang dijadikan sebagai subjek penelitian ini. Instrumen untuk mengukur physical activity menggunakan Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQC) dan untuk mengukur physical fitness menggunakan TKJI. Analisis data menggunakan SPSS versi 25 dengan uji korelasional sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa korelasi antara physical activity dan physical fitness sebesar r=0.78, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara physical activity dan physical fitness pada atlet bolabasket level pemula di SMK PGRI 2 Cianjur Tahun Pelajaran 2020-2021
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN KARAWANG Teguh Hartanto; Ruslan Abdul Gani; Citra Resita
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1890

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai  yaitu untuk mengetahui Tingkat Kebugaran Jasmani pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Klari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran TKJI umur 16-19 tahun. Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Klari yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh tingkat kebugaran jasmani pada siswa yang mengikuti ektrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Klari yang berkategori baik sekali 0%, yang berkategori baik sebesar 10%, yang berkategori sedang 65%, yang berkategori kurang sebesar 25% dan yang berkategori kurang sekali 0%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa peserta ektrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Klari adalah sedang.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI BAKAT DAN PROGRAM PELATIHAN FISIK BAGI CALON ATLET O2SN Stephani Yane; Heri Rustanto
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1458

Abstract

Permasalahan yang dihadapi Oleh Dinas Pemuda Olahraga Kota Singkawang adalah menurunnya prestasi atlit pada tingkat pelajar pada gelaran O2SN, Kota Singkawang meraih tiga medali emas pada tahun 2016 dan sampai tahun 2017 peringkat semakin menurun meraih 1 medali perunggu sampai pada tahun 2018. Permasalahan mendasar yang menjadi faktor kegagalan tersebut adalah dikarenakan kurang optimalnya penelusuran bakat yang dilakukan oleh sekolah-sekolah pada tingkat dasar, dimana penelusuran hanya dilakukan dengan menggunakan infentarisir hasil lomba yang dipertandingkan pada tingkat sekolah saja serta kurangnya program pelatihan fisik yang diberikan kepada atlet. Berdasarkan permasalahan mendasar tersebut, maka peneliti terpanggil untuk melakukan penelitian pengembangan (Research and Development) model pengembangan Hannafin and Pack. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument identifikasi bakat olahraga dan program pelatihan fisik bagi calon atlet O2SN Kota Singkawang Tahun 2020. Validasi instrument menggunakan angket kelayakan dari ahli dan respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument identifikasi bakat olahraga dan program pelatihan fisik dinyatakan layak dan rata-rata respon guru terhadap instrument tersebut sebesar 99,50% dengan kategori sangat baik.
PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA Irfan Rahman; Ruslan Abdul Gani; Irfan Zinat Achmad
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v9i2.1898

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh Persepsi Siswa Kelas X Pada PJOK di SMAN 13 Tangerang. Dikarenakan banyak perbedaan pemahaman, motivasi, dan persepsi masing-masing individu. Untuk mengetahui persepsi siswa peneliti mengadakan indikatornya, seperti fakor internal meliputi, proses belajar, motivasi, dan kepripadian. Sedangkan faktor eksternal meliputi, intensitas, ukuran, keberlawanan, pengulangan, gerakan dan hal-hal baru. Penelitian ini penelitian survei deskriptif. Populasinya berjumlah 282 siswa. Sampel yang diambil 56 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan dari bentuknya termasuk kedalam angket rating scale. Memakai skor Skala Likert. Hasil penelitian dari secara keseluruhan menunjukan persepsi siswa kelas X pada pembelajaran PJOK pada kategori kurang baik dengan persentase (60%).

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue